Senin, 02 September 2013

Hikmah diciptakanya matahari... baca yuuuukkkk...

Mata Hari……
Sebuah mahluk Alloh yang sangat luar biasa sampai – sampai Alloh swt. Mengabadikan dan bersumpah denganya dalam Al qur an bahkan  menjadikanya salah satu nama Surat dalam didalamnya.Lalu ada hikmah apa yang tersimpan dari penciptaannya…..???  telah sama-sama diketahui bahwa Matahari  adalah salah satu sumber kehidupan yang maha besar,  bahkan tak ada tandinganya  dialam semesta ini, dan bahkan tak Ada habisnya, Matahari tak sekedar sebagai hiasan langit disiang hari, atau sebagai penerang gelapnya dunia ini.. Namun segala puji bagi Alloh yang telah menciptakanya  hanya sedikit sekali  manfaat yang diketahui oleh manusia, sementara masih banyak manfaat dan faidah yang tentunya belum tersingkap darinya…..


Matahari……!!!
Dia begitu indah ketika fajar hari… kemunculanya sangat dinanti-nanti  bahkan tak sedikit manusia yang rela harus mendaki puncak tertinggi guna menikmati keindahanya dikala terbit…..  berduyun-duyun manusia disetiap puncak gunung  yang tersebar  diberbagai belahan bumi menanti  terbitnya , menunggu kehadiranya…   bahkan diantara manusia ada yang berebut  tempat untuk  menjadi orang yang pertama dalam mengabadikan kemunculanya…. Padahal mereka berada ditempat yang  tak mudah untuk menempuhnya…. Merekalah sang Pendaki…..
Matahari…..!!!
Ternyata tak hanya di pegi hari manusia berlomba-lomba untuk mengabadikan keindahanya…  Subhaanalloh atas MahluqNya yang satu ini….  Dikala Senja  manusia pun beramai-ramai menanti untuk sesaat menikmati  keindahanya sesaat sebelum terbenam…  sekali lagi manusia berlomba-lomba untuk menikmati keindahanya  yang merah merekah nan indah….
Matahari….!!!
Lalu Hikmah apalagi yang bisa didapat dari mahluq Alloh yang maha besar ini….??  Bicara tentang manfaatnya tentunya tiada habisnya, bahkan takkan pernah  henti-hentinya matahari memberikan Faidahnya. Sebagaimana lagu anak tempo dulu yang mengisahkan tentang banyaknya kasih saying ibu… “ Bagai sang surya menyinari dunia”  *yang tak terhingga  sepanjang masa..  ^_^
Bicara tentang Akal manusia , sepandai apapun dia, sejenius apapun dia tidak akan pernah sampai bisa menyingkap misteri dari sekian banyaknya misteri  diciptakanya Matahari.  
Satu contoh:  Didaerah kota tempat tinggal manusia disiang hari sangat terasa panas sekali ketika mata hari sedang terik-teriknya  padahal  di daerah perkotaan atau pedesaan , namun kita baru merasa ada yang aneh diketika kita tinggal disebuah puncak gunung atau mendakinya yang mana tempatnya sangat tinggi… justru malah kita dapatkan disana udaranya sejuk , bahkan dingin.. bahkan puncak tertinggi didunia justru malah tertutup lapisan Es yang sangat tebal… kalo dihitung – hitung apalagi mau mengukur,  secara akal di tempat rendah  saja yang jaraknya jauh dg matahari sangat panas tetapi ditempat yang tinggi dan secara jarak tentunya lebih dekat  dengan matahari justru malah dingin…!?  Subhaanalloh - Subhaanalloh wabihamdihi…. Sekali –kali Akal manusia tidak akan sampai pada tingkatan pemahaman yang sesungguhnya kecuali orang-orang yang mau mendekatkan diri kepada sang pencipta Matahari itu sendiri yaitu Alloh ‘Azza wa jalla……


Zein 27 Syawal 1434 H.




1 komentar: